Feeds RSS

Minggu, 04 Mei 2014

Pantai Klayar Sungguh Menawan.. This is "My Trip My Adventure"

Liburan kali ini saya bersama teman saya akan mengunjungi wisata Pantai Klayar di daerah Pacitan, Jawa Timur..
Pantai Klayar yang Indah
Awalnya kita berempat berangkat dari surabaya, aku,sahabatku mas Dwi,dan temen SMPku..
ya liburan ini aku diajak oleh Teman SMPku namanya Mei.. kita yang sudah lamaaaa banget gak pernah ketemu hampir 8th setelah lulus sekolah, hanya karena bantuan BBM, Fb akhirnya bisa deket lagi.kita janjian di Bundaran Waru sidoarjo.berangkat jam 8malam, Perjalanan jika melalui Jawa Timur melalui Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Nganjuk-Caruban-Madiun-Ponorogo-Pacitan.bisa ditempuh Kurang Lebih 9jam Perjalanan melalui jalur darat, bisa menggunakan Mobil ataupun Motor, itupun jika tidak macet.

sampai didaerah Mojokerto kita berhenti karena Teman saya si Mei kehilangan
Handphone nya, kita balik lagi ditempat jatuhnya tuh Hp, kita cari-cari, ternyata yang ketemu hanya Casing Hpnya saja, sedangkan Handphonenya tak tahu kemana, kita mencari ada lebih 1/2jam tak jua ketemu, dengan modal senter kecil, menyusuri rerumputan, sampai dibantu beberapa orang yang ada didaerah situ, karena tak jua ketemu, terpaksa si mei memutuskan untuk melanjutkan perjalanan, sesampainya dijombang kita menunggu teman mei yang dari lamongan untuk ikut gabung bersama kita, ternyata teman mei sudah dekat daerah situ...dan katanya sudah menunggu 2jaman, hehe ;)..kenalan dulu sama teman Mei dan Cowoknya. akhirnya siap karena kita berenam sudah ngumpul bareng, Capcuzz deh Siap berangkat.

Sesampainya didaerah Caruban sekitar jam 11malam, cowok temenku ngerasa kelaparan, ya sudah kita berhenti makan dulu. Setelah rehat makan, kita melanjutkan perjalanan kembali, nah sampai Ponorogo sekitar jam 1malam, rencana awal sih mau menginap dirumah teman si mei, tapi masalahnya karena HP nya si mei hilang, jadi tak bisa menghubungi temannya itu, terpaksa kita berhenti di POM bensin, karena kita sih hanya berenam, jika memaksakan untuk melanjutkan perjalanan langsung kepacitan dimalam hari seperti ini, kata orang sih rawan juga, karena keasyikan istirahat, ada yang becanda-becanda, ada yang tiduran gak kerasa sudah jam ½ 3pagi nih. Akhirnya kita memberanikan diri untuk melanjutkan perjalanan menuju pacitan,, karena perjalanan masih jauh kurang lebih sekitar 3jam an,

Ternyata sampai dikabupaten pacitan jalanan sudah mulai sempit, Tikungan tajam, Kanan Kiri Tebing, Jurang. Perjalanan menuju ke sana adalah sebuah tantangan tersendiri yang akan memacu adrenalin karena jalan yang sempit dan rusak di beberapa bagian, kelokan tajam serta rute naik turun perbukitan. Ada beberapa ruas dengan tanjakan dan turunan cukup ekstrim. Namun demikian, keindahan pemandangan bukit dan lembah hijau akan menemani sepanjang perjalanan.

Ditengah perjalanan lagi-lagi Cowok si Mei capek, Ngerasa ngantuk banget.Kita memutuskan untuk istirahat diGubuk dipinggir jalan, ya karena jika memaksakan kehendak untuk melanjutkan perjalanan yang masih jauh takut kenapa-kenapa dijalan, Memang sih perjalanan melewati hutan, menyusuri bukit yang gak ada habisnya, dengan kondisi jalanan yang gelap gulita, tak ada penerangan hanya bantuan dari Lampu kendaraan kita, kita harus lebih ekstra waspada.sekitar jam 4pagi masih didalam kabupaten pacitan yang begitu lama banget melewati jalanan sempit, tikungan tajam, sungguh inilah perjuangan kita untuk sampai ke Pantai yang kita Impikan sejak di surabaya, Benar-benar melelahkan menyusuri bukit yang tak ada habisnya itu. Sampai dipacitan sekitar jam 5, tapi masih gelap,
Suasana subuh di Kabupaten Pacitan
hingga jam 7pagi masih belum menemukan tanda-tanda kehidupan.. #eiitss Kehidupan apa nih,, hehe :D maksudku tanda-tanda petunjuk arah ke pantai klayar. Namanya juga pertama kali kesini, jadi muter-muter nyari jalan. Nah sampai nyasar arah ke kota, perbatasan arah mau ke trenggalek, tanya-tanya orang dan kita sih lebih sering tanya ke polisi, ternyata kita salah jalan.. OMG !!!! #salahjalan. Ternyata kita tadi sudah ngelewati tuh jalan tinggal belok kiri saja, tapi kita terus.. ya sudah kita putar balik lagi arah yang tadi kita lewati,, ya jauh juga kurang lebih 40km lah, setelah melewati Dongko, Panggul, Lorok akhirnya Klayarpun semakin dekat.. hehe ;)
Petunjuk arah
Ya... akhirnya ada petunjuk arah menuju Pantai Klayar, tanya orang arah yang dekat, eh ternyata melewati desa, jalanan yang sangat-sangat sempit, berbatu, tak menyurutkan kita berenam terus lanjut ke pantai klayar.
Sepanjang perjalanan memasuki kawasan pacitan
Nah setelah mengikuti petunjuk arah yang begitu banyaknya akhirnya deh setelah nyasar-nyasar kita sampai juga kepantai klayar,
dengan biaya masuk sekitar 7rb/motor..
Loket masuk ke pantai Klayar
dari atas pemandangannya KEREN banget, sungguh INDAH.
Pemandangan dari atas sebelum sampai parkiran
Sesampai diparkiran, Karena barusan nyampe' kita sarapan pagi dulu ya, karena lapeerrr banget.
Aku dan teman-teman makan dulu di warung ini, tapi kita ambil yang lesehan saja sekalian meluruskan kaki. hehe #efekcapek.
Sarapan dulu sebelum ke pantai
Meskipun belum terkenal, Pantai Klayar adalah sebuah pantai yang sangat indah dan eksotik.
Pantai Klayar menawarkan pesona alam yang tiada duanya dengan kombinasi pasir putih yang lembut, ombak yang jernih, karang raksasa yang indah, air mancur alami, karang bolong, air terjun, dan seruling lautnya. Karena pesona alam yang tiada duanya tersebut, banyak orang yang berkata bahwa pantai ini lebih bagus dari pada Pantai Parangtritis yang merupakan pantai paling terkenal di Yogyakarta.

Karena belum diketahui secara luas, Pantai Klayar masih sangat bersih, tapi berhubung kita kesini dihari minggu jam 8pagi seperti ini sudah cukup banyak pengunjung yang datang, rata-rata naik kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil. Memang sih rata-rata yang datang banyak yang dari daerah jawa tengah, solo, jogja, yang jawa timur juga gak kalah banyak juga, hanya saja seperti kita pengunjung dari surabaya hanya beberapa saja karena mungkin menempuh perjalanan yang cukup jauuuuuh sekali dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk sampai ke tempat ini.

Setelah selesai sarapan, aku dan teman-teman siap-siap ganti pakaian untuk siap berbasah-basahan ria, hehe.. menyewa tikar ditenda yang disediakan oleh penjual makanan minuman yang ada disepanjang pinggir pantai, dengan seharga 10rb bisa menyewa tikar sepuasnya. sekalian aku n teman-teman menitipkan barang-barang bawaan kita. dan saatnya deh Basah-basahan ria.
Aku (ungu), Mei (Abu"), Fitri (Orens)
Aku,sahabatku (mz Dwi), Mei n Fitri  (with cwoknya msg")
Mainan Pasir (Klesotan)
Klesotan bener" menyenangkan
Bermain bersama , Seru"an
Menurut aku, Pantai Klayar ini kurang cocok untuk berenang karena ombaknya yang besar, namun pantai ini sangat cocok untuk dinikmati suasana dan pemandangannya.
Dari Timur, Barat, Utara Pemandangannya bagus banget
Bagi anda yang suka berfoto-foto, pantai ini sangat sempurna untuk anda karena banyak sekali spot-spot indah untuk difoto. Untuk mendapatkan foto yang bagus pun tidak sulit karena pantai ini tergolong sepi. Pecinta selancar juga akan menyukai pantai ini karena ombaknya yang besar. tapi jangan berenang ya, soalnya ombaknya besar, dan selalu dipantau oleh petugas.

Hamparan pasir putih membentang dengan ombak sejernih kristal memecah di bibir pantai, diapit bukit karang di kanan dan kirinya. Anda bisa naik ke bukit karang di sebelah kanan dan menikmati pemandangan landscape Klayar yang indah dari sebuah gardu pandang.
Pemandangan dari atas Tebing
Foto suka"
Foto dari atas tebing
Seru"an bersama Mei n Fitri
With all Friends

Puas menikmati Klayar dari atas, berjalan-jalan menyusuri pasirnya yang putih menjadi pilihan yang paling pas.
Setelah turun dari tebing mau ke arah tempat istirahat
Berfoto Ria dibawah Air terjun mini hehe ;)
Di ujung timur Anda akan disapa oleh sebuah laguna yang jelita. Diapit 2 gugusan batu karang, laguna ini terlihat indah dengan gulungan ombak jernih yang menghantam dinding karang dan kemudian memecah dan berputar di hamparan pasir putih. Laguna kecil ini memang mempesona dan membuat betah berlama-lama duduk santai memandangnya. Ombak berkali-kali menghempas batu karang dengan kuatnya dan menimbulkan efek air terjun di dindingnya dengan buih-buih putih yang cantik.
Air Terjun Mini
Batu-batu karang menjulang tinggi di sebelah timur. Salah satunya kalau diperhatikan mirip dengan bentuk Sphinx.
Bener" miri Sphinx di Mesir wkwkw ;)
Menjelajahi area karang di belakangnya, terlihat beberapa lubang kecil berisi air yang nampaknya menjadi rumah bagi kepiting-kepiting kecil. Nun jauh di sebelah kanan, nampak bukit karang dengan terowongan alami di bawahnya.

Jangan kaget ketika di belakang Anda tiba-tiba sebuah air mancur menyembur ke atas. Lagi-lagi sebuah fenomena alam luar biasa. Ada sebuah celah di batu karang ini. Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan sehingga sering disebut sebagai seruling laut.Ingin berlama-lama menikmati keeksotisan Klayar? Anda bisa mencoba spot favorit. Naik ke pinggang batu karang sphinx yang cukup lebar dan duduk di sana sambil menikmati gulungan ombak laguna dengan efek air terjunnya di sebelah kanan, air mancur alami di sebelah kiri, karang bolong nun jauh di sana, dan bentangan laut sejauh mata memandang. Rebahkan tubuh dan tutuplah mata. Dengarkan laut bernyanyi untuk Anda dengan deburan ombaknya, dan Anda pasti langsung jatuh cinta.
Seruling Laut
Motretnya dari atas, karena memang untuk menuju ke Seruling ini diatas jam 1siang, dan masih ditutup, petugasnya tidak memperbolehkan turun kesitu..

Selain berjalan di tepi pantai, anda juga dapat menaiki bukit di sisi barat Pantai Klayar, dan kemudian menikmati keindahan panorama lautan luas, dan panorama sekitar Pantai Klayar. melihat seseorang menaiki ATV keren juga, disewakan juga loh itu ATV.. cuma kurang faham berapa biayanya karena emang kita gak ada niat untuk main ATV.. wkwkwk :p
ATV
Kita berenam merasa sudah puas dan karena matahari sudah semakin terik, kita memutuskan untuk segera bersih-bersih badan dan segera pulang, kita pulang jam 1siang.
 mengukir namaku #endjhie panggilan sygku

Setelah puas mainan air, basah-basahan, saatnya bersihkan badan, mandi, ganti baju dan kembali ketempat Istirahat semula di persewaan tikar. Mandinya juga gantian, si cewek" dulu, yang laki-laki jagain barang-barang diTenda persewaan tikar..
Narsis sebelum pulang
Setelah sudah cukup puas menikmati INDAHnya pemandangan Pantai Klayar, kita berenam segera bergegas pulang, bener-bener cukup puas deh, seandainya dekat aku pasti mau lama-lama berada di pantai ini, dan sering main disini, tapi sayangnya luamaaaa n juaaauuuh banget itu tuh yang bikin capek juga.
Perjalanan pulang dari jam 1siang, kita tidak pulang melewati bukit yang awal kita berangkat, tapi kita lewat arah Trenggalek, eh sekitar jam 2an kita makan siang dulu disebuah Resto yang ya lumayan lah bagus, n sambil menikmati suasana alam dari atas gunung. selesai makan tancap gas langsung menuju arah Trenggalek, Sesampai arah Trenggalek eh ternyata jalanannya sama saja seperti yang sebelum pacitan, Memutari bukit, mana disambut gerimis pula, kayaknya sih teman" memang capek karena perjalanan kita hanya ditempuh dalam waktu 2hari 1malam, sungguh terlalu lewat trenggalek jalanan rusak parah, badan rasanya seperti dipukul-pukul, jalanan yang gak rata, berlubang, banyak batu-batuan, pokoknya super duper gak asyik banget.
Pemandangan disekitar Trenggalek
keluar kota trenggalek sedikit lega karena jalanan sudah aspal, mulus, tinggal meneruskan ke arah kediri saja. nyampai daerah kediri nyasar pula,, jam 6 nyampai kediri.. saking kencengnya kalau naik motor, tapi diperbatasan kediri kota, kita berenam terpisah deh karena aku mau beli oleh-oleh dulu buat keluarga, beli makanan khas kediri. Getuk pisang, Sale Pisang. mereka berempat aku suruh pulang dulu saja karena kayaknya memang anak-anak itu super capek, takut kemalaman juga. nah nyampai surabaya jam 10malam deh, benar-benar perjalanan yang melelahkan. capek tapi aku sangat senang menikmatinya, tak menyesal walaupun menempuh perjalanan yang begitu jauh, membuahkan hasil juga. ya walaupun hanya 1tujuan, karena memang waktu kita hanya sedikit, yang lainnya esoknya bekerja, jadi gak sempat mampir-mampir ketempat wisata lainnya yang ada dipacitan.