Feeds RSS

Kamis, 10 April 2014

Bukit Bangkirai ==> Canopy Bridge

Libur Pemilu 2014 kali ini aku akan Menjernihkan Pikiran dikarenakan Kerja yang tak ada Liburnya, dan inilah Kesempatan Emas agar aku bisa Refreshink ;)
Aku dan teman-teman berencana ke suatu Tempat Wisata Balikpapan. Tapi kali ini bukan wisata pantai, tapi wisata ke Hutan..
Yuppz.. Kunjungan Kita kali ini adalah Canopy Bridge (Jembatan Tajuk) atau biasa disebut Bukit Bangkirai.. Letaknya antara balikpapan-samarinda-kutai.. yang jelas di KM38, Jembatan PERTAMA di Indonesia, Kedua di Asia, dan Kedelapan di Dunia.. Waaahh Kereeennnn bgt ya,
Perjalanan kita kali ini dimulai dari jam ½ 10 pagi.. setelah sarapan pagi, kita berEmpat bergegas siap-siap berangkat menuju tempat tujuan, sebenarnya kita berLima tapi
karena yang satu orang gak ikut karena tidak enak badan, ya mau gak mau kita berangkat berEmpat, Kita sewa Mobil dan kebetulan karena kita kenal dengan supirnya yang asli orang balikpapan, malah lebih mantap. Perjalanan dari Batu Ampar ke Arah samarinda ditempuh kurang Lebih 1 ½ jam. Kita sudah nyampai pertigaan KM38 belok kiri, Nah dari pertigaan masuknya ya lumayan jauh juga kurang lebih 20Km..
Sebagai informasi, Bukit Bangkirai ini kawasan wisata alam yang dikelola PT. Inhutani I Unit I Balikpapan. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami.
Disini kita itu diAjarkan Sabar, kenapa Enggak.. secara setelah memasuki kawasan Kutai.. jalanan semakin banyak berlubang, terkadang kita harus lebih ekstra hati-hati karena kanan kiri penuh pepohonan,jurang,jalanan yang berkelok-kelok, tapi tak menyurutkan kita semua untuk tetap berSabar menghadapi jalanan yang rusak,berlubang, tapi suasana kali ini bersahabat karena tidak turun hujan, setelah kurang lebih sekitar 1/2jam memasuki hutan,,
akhirnya kita semua nyampe di Gapura besar Bertuliskan SELAMAT DATANG di Bukit BANGKIRAI..

Hati yang senang,bahagia menanti-nantikan sebuah bukit yang indah katanya,apalagi dilihat dari ketinggian..
Nah sampai diparkiran,saya yang memang berpergian selalu merasa kedinginan hawa mobil,suasana alam, buru-buru ke Toilet.. hehe Piz of Cur dulu ea.. hehe ;), sedangkan teman-teman yang lain menunggu saya ke kamar mandi, ada yang sekalian langsung membeli tiket masuk,
Ini nih daftar Tiket masuk..
  • Kita jika rombongan naik mobil dikenakan biaya 5rb/mobil,
  • untuk setiap pengunjung masing-masing dikenakan biaya 5rb/orang,
  • Asuransi 1rb/orang,
  • dan Biaya masuk Canopy Bridgenya sebesar 25rb. Jadi Total keseluruhan 31rb/orang
Karena kita berLima jadi total semua 160rb Rupiah..                                                    Itu sudah termasuk mobilnya juga ikutan bayar karcis.. wkwkwkwk :p
Setelah Bayar Karcis kita memasuki Arena Utama, Foto-foto dulu yukks...

Berjalan menuruni bukit, Melewati Jembatan

dan Ada Tulisan Anda Memasuki Kawasan Bukit Bangkirai, ternyata Bangkirai itu adalah sebuah nama Pohon.

Apa ya ini maksudnya..?? apa jangan-jangan kita harus menyusuri hutan dulu, karena ada tulisan Trek 1, otomatis selanjutnya pasti ada trek-trek lain nih, ya gpp lah sekalian jalan-jalan melatih otot kaki yang lama juga gak jalan-jalan,, rasanya setengah perjalanan menemukan pohon besar yang roboh.

tapi sudah terbelah tengah-tengahnya,mungkin dulu robohnya pas mengenai jalan, makanya oleh pihak Perhutani dibelah sekalian aja dijadikan jalan juga, hehe .
nah setelah 150m terlampaui ternyata benar juga ada trek II kali ini trek 2 bertuliskan 300m,
Bacanya aja udah 2xlipat yang tadi, tapi itu gak seberapa.. karena dari awal kita sudah NIAT, apapun ya harus dilakukan, karena kita rame-rame, semangat tentunya.. dan AKHIRNYA.. Kita sampe juga di Canopy Bridge.

Senengnya bukan main, karena tempatnya diHutan ya yang utama kita lihat pasti POHON-POHON yang begitu besar, menjulang kelangit.

Sungguh Menakjubkan, Ya biasalah kita ambil moment2 ini, ini memang moment2 penting yang harus n wajib diambil.. yakni FOTO-à

ya sebenarnya setiap tangga demi tangga agak takut juga pas lihat kebawah, secara aku emang agak takut ketinggian, nah gtw brpa tuh jumlah tangga berputar yang sengaja dibuat untuk memutari pohon Bangkirai.

Aku sudah nyampe diatas sendiri.dan ternyata melihat kanan kiri WOWWWW takjub banget,
Sungguh Indah pake Banget, Keren bgt, pohon-pohon yang tinggi, suasana alam yang indah,

suara-suara burung yang berkicau,Pokonya keren deh, sekarang saatnya melewati Jembatan Goyang.. ku sebut begitu karena waktu kita lewati memang bergoyang-goyang,,
nah itu tuh yang membuat adrenali kita semakin Lengkap. Kita udah jauh-jauh nyampe sini gak mau nyobain lewat tuh jembatan.. Uh RUGI BGT, ya emang sih sebelumnya ada peraturannya, jadi naik kesinipun gak sembarangan naik, Emang sih ada peraturannya sendiri untuk bisa mencapai menara atas jembatan.. nih Lihat n baca sendiri ya aturannya..

yang jelas untuk yang phobia,trauma,takut ma yang namanya ketinggian gak usah deh coba-coba daripada entar malah pingsan diatas, tapi menurutku sih gak ada salahnya Mencoba kawan, karena kalau sudah diatas bener-bener keren banget.
Oh iya aman gak tuh jembatannya kalau dilewati,, secara 30m dari permukaan tanah.. bayangkan coba gak ada penyangga ditengah-tengahnya,hnya beralaskan papan kayu,berdindingkan jaring-jaring..
Insya’allah AMAN, buktinya aku n kawan-kawan juga udah lewat. Mengapa kita harus patuh sama peraturan yang ada, karena setiap melewati jembatan itu harus Bergantian alias satu per satu kawan, jangan rombongan ya, kaya antri karcis, karena jembatan itu gak terbuat dari besi yang ada penyangga dibawahnya,makanya lewatnya satu per satu..dan untuk platform menara disetiap pohon, maksimal 8orang, jadi usahakan jangan bergedubel.. ntar takut jatuh juga, n beban nya juga takut terlalu berat, By The Way Ini sih bertahan antara 15-20th loh, jadi mungkin setelah 20th gak awet dong ?? Ya kalau menurutku sih pastinya diperbaiki lah, gak nunggu 15th kalee,, ntar kaya kasus yang jembatan di kukar.. pasti ada perawatannya lah, entah bberapa bulan sekali dipantau lagi.. ya semoga saja kita bayar tiket masuk itu bener-bener dipergunakan untuk pelestarian tuh jembatan, Jembatan ini menghubungkan Lima pohon, Jembatan pertama,kedua,ketiga, dan keempat kalau tidak salah panjang keseluruhan sekitar 64m, Tingginya 30m dari permukaan tanah, Oia kawan Jembatan ini perancangnya orang Amerika loh, dan diResmikan pada tahun 1998..
Waktu melewati tuh jembatan rasanya jantung dag dig dug serrr, takuut bgt,malah temen-temen ngerjain, digoyang-goyang, waduuh nasibku ada dikeberanian n keyakinanku,, berdoa terus dalam hati agar bisa melewati tuh jembatan satu per satu, jembatannya ada 4 yang menghubungkan 5pohon, setelah melewati 1jembatan LEGA BGT, istirahat dulu mengatur Irama jantung hehe pake diatur segala. Iya dong bagi orang pemula, bagi orang yang takut dengan ketinggian, jangan main langsung nyeberang kelima-limanya, bisa-bisa shock ntar. Hehe :p
Setelah melewati jembatan pertama yang lumayan panjang, nah yang keDua gak panjang-panjang banget kok kawan.

Aman, nah yang ketiga nih anda bisa langsung arah mau turun atau mau memacu adrenali ke jembatan panjang yang paling pojok,, awalnya aku ragu banget, alias takut juga soalnya yang ketiga dan terakhir panjang betul mana, terlalu melengkung.

yang aku takutkan ya Cuma takut jatuh aja lah, gak ada yang lain, kalau mati itu urusan Sang Pencipta, hehe ;).. nah karena aku juga penasaran biar bisa melewati semuanya, makanya rasa takutku aku coba hilangkan, dan akhirnya dari jembatan pertama, kedua,ketiga ..

dan setelah lama di jembatan pojok,atau jembatan ketiga,, melihat-lihat pemandangan sekitar, ternyata ada BULE loh,,

bulenya kaya’nya dari spanyol dari bahasanya kelihatan banget, hehe sok tahu :p Bulenya cakep juga hahaha. Setelah foto tuh bule, melihat sekeliling suara burung-burung berkicau semakin rame, wah dapet deh foto nih burung.. warnanya bagus-bagus, ada kuning, orens, abu-abu, hitam, biru,dan ungu, syang yang aku dapatkan yang posenya bagus hanya kuning,orens,dan abu-abu.

Setelah puas dijembatan ketiga aku balik lagi, dan sampai dibatas akhir jembatan keempat yang agak panjang tapi lebih melengkung,akhirnya aku BISA..seneng bgt, rasanya rasa penasaran itu sudah tak ada lagi, yang ada hanya SENANG, BAHAGIA, takjub akan suatu yang tak mudah untuk kita penakut ketinggian, hahaha :D
Setelah puas foto-foto,

Bercanda-canda bersama diatas Jembatan

kita pun turun bersama karena kayaknya ada salahsatu teman yang udah dibawah nunggu lama deh,
sesampainya dibawah kita pun foto bersama sebagai penutupan mengunjungi Canopy Bridge..
Rasanya cukup puas n gak penasaran lagi,

Dimanapun Pendakian, Berpetualang, aku seneng banget dengan pesan moral seperti ini.

kalaupun aku diajak kesini aku mau-mau aja,sayang jauuuh hehe ;)akhirnya kitapun ingin melanjutkan ke trek IV dan seterusnya,
yaitu ke Taman Anggrek, n taman buah,, tapi berhubung dari tengah perjalanan ada yang memaksa turun,
foto-foto, becanda bersama, aku yang ngerasa belum seberapa puas. Masih pengen nih lama-lama disini, karena suasananya menyenangkan,tapi mau bagaimana lagi ikutin teman-teman aja deh. Sepanjang perjalanan turun, mainan ranting pohon yang berjatuhan, becanda-becanda,
sembunyi dibalik pohon,
haha :D dan karna semua sudah capek oke kita secepatnya menuju parkiran.

Nyampe parkiran melihat sekeliling ada Cottage,

bagus banget.. , ya sudahlah lagian kita semua juga sudah lapar,kita berencana mau tujuan balik menuju Rumah Makan, sebenarnya diTempat dekat parkiran ada sih tempat untuk beristirahat,ada kantin, tapi berhubung sang sopir yang sudah pernah berkali-kali kesini lebih menyarankan kita beli makan diLuar saja,lebih enak,banyak pilihan.. OK fixs hehe #ala wendi .. !! sinetron dah :p :p akhirnya kita tancap gas langsung menuju arah pulang, diTengah-tengah perjalanan pulang eh karena melihat pemandangan pegunungan,bukit-bukit yang indah kita turun mobil sekedar ingin mengabadikan moment-moment dari Canopy Bridge,, Ciiz <3 ..

setelah dirasa cukup puas berfoto-foto dipinggir jalan, kita langsung segera masuk mobil karena terik matahari cukup menyengat sekali,dan perjalanan kami pulang bener-bener extrim cz sang supir ngebutt,, WE keren juga,, hahaha.

Sesampainya diKM38 kita mampir ke Rumah Makan apa ya lupa namanya kalau gak salah Rumah Makan Solo 38, kitapun pesan makanan, WE AJIB banget, makananx enak bgt, aku sih n 3tmn lainx pesan ayam goreng, penyet dan yang satu pesan nasi goreng..
Ternyata Murah Banget.. seporsi ayam bakar/goreng/penyet harganya Murah bingit 18rb lengkap, kalau untuk nasi goreng lengkap +ayam goreng,telur,sosis,dll seharga 12rb.. kita berLima aja habisnya rata-rata semua total 100rb an,sudah termasuk minum. Cobain deh,, pas di Pertigaan km38 kalau dari arah samarinda Kiri Jalan,ternyata yang jualan orang Jawi.. sami dong sma kite-kite. Hehe
Setelah kenyang kitapun melanjutkan perjalanan ke Tempat tujuan lainnya,, yakni ke Tempat Outbond ((LAMIN ETAM AMBORS)) -à>> -à>>